About Me

Foto saya
haMba Alloh yang tidak prnah sempurna,,tetapi berusaha berbuat yang terbaik,InsyaAlloh,, =)

TaMunya egHa...

Followers

BanTu SaudaRa kiTa di PaLesTina ya...

Support Palestine

Selasa, 04 Januari 2011

An Nisa : Jilbab Itu....?? (Edisi Oktober)

Bismillah,,



Assalamu’alaykum,,

Ukhtifillah,Alhamdulillah kali ini dapat kesempatan lagi nulis artikel,sekarang tentang hal yang sudah kita tau dari dulu sebagai seorang muslimah, ya jelas dunk, ini kewajiban kita buat ‘Menutup Aurat’. Trus kalau sudah pada tau kog dibahas lagi.? Hehe,,jangan bosan ya tentang hal hal yang menyuruh kita untuk menutup aurat,,Karena ini betul betul suatu kewajiban, dan kewajiban itu datangnya dari Alloh swt, jadi ini gaj bisa dibuat sepele dan main main!!

”...dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung (khimar) ke dadanya..” (QS.An Nur 24:33)
“Wahai nabi! Katakanlah kepada istri istrimu, anak anak perempuanmu, dan istri istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan kain jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yamerng demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal, sehingga mereka tidak terganggu. Dan Alloh Maha Pengampun Maha Penyayang.” (QS Al Ahzab 33:59)

Nah,,itu tadi perintah Alloh yang tercantum dalam Al Quran,bahwa termasuk panggilan langit dari Alloh buat kaum Hawa untuk berakhlak islami, punya rasa malu, menutup aurat, dan behijab. Supaya muslimah menghormati dirinya sendiri dan menjaga mata yang lain dari hal hal yang buat dilihat.

Sekarang pertanyaaannya, jilbab itu apa sih,,?Umm,,baiklah ini sedikit penjelasan tentang jilbab.

Syaikh Bakar Abu Zaid, dalam bukunya Hirasatul Fadhilah menjelaskan, “Bentuk jama’ dari kata jilbab adalah jalabib,yang artinya baju kurung yang tebal yang dipakai wanita dari kepala sampai kedua kakinya dan menutup seluruh tubuhnya termasuk pakaian dan perhiasan yang dipakainya.” Ringkasnya,,Hehe jilbab itu sejenis baju sejenis baju kurung yang lapang bisa menutup seleuruh tubuh wanita.
Aurat wanita yang disepakati oleh para Ulama yaitu seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.Rasululloh Saw pernah bersabda: “Hai Asma! Sesungguhnya seorang prempuan apabila telah datang waktu haidh,tidak patut diperlihatkan tubuhnya melainkan ini dan ini (Rasululloh berkata sambil menunjuk muka dan kedua telapak tangannya hingga hingga pergelangannya).”

Sekarang yang termasuk kriteria jilbab itu adalah:
1. Meliputi seluruh tubuh (kecuali telapak tangan dan wajah)
2. Bukan berupa perhiasan dalam bentuk pakaian
3. Kainnya tebal dan tidak tembus pandang
4. Longgar dan tidak sempit
5. Tidak diberi wangi wangian
6. Tidak menyerupai pakaian laki laki seperti celana,,hihi
7. Tidak menyerupai pakaian khas wanita khafir
8. Tidak merupakan pakaian yang menarik perhiasan/dianggap aneh

Alloh itu memerintahkan sesuatu pasti ada manfaatnya,,=) Nah,,yang pastinya manfaat jilbab itu:

Selamat dari adzab Alloh (adzab neraka),,hiii naudzubillah

“Ada 2 macam penghuni neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya. Sekelompok laki laki yang memegang cemati laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya.Dan wanita wanita yang berpakaian tapi telanjang, sesaat dan menyesatkan, yang di kepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita seperti ini)tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Padahal bau surga itu tercium dari jarak yang jauh. ” (HR.Muslim)

Terhindar dari Pelecehan ,,pastinya!=)

Sabda Rasululloh, “Sepeninggalanku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki laki dari pada perempuan.”(HR.Bukhari)
Menghindari Kecemburuan Laki laki
“Alloh itu cemburu dan orang beriman juga cemburu. Kecemburuan Alloh adalah apabila seseorang mukmin menghampiri apa yang diharamkannya.”(HR.Muslim)
Kalau jilbab ditinggalkan, rasa cemburu laki laki bakal hilang.Sehingga kalau terjadi pelecehan gak bakalan ada yang membela.

Akan Seperti Bidadari Surga

Dengan berjilbab, perempuan bakal punya sifat seperti bidadari surga. Yaitu, menundukan pandangan, gak pernah disentuh sama yang bukan mahramnya, yang senantiasa di rumah buat menjaga kehormatan diri. Perempuan inilah yang sangat berharga,,=)

Sippirilli!!,, sekarang kalau teman teman yang sebelumnya gak tau hukum menutup aurat,dan sekarang udah tau, ayo langsung kita kerjakan. Jangan dipungkiri lho,, Lebih baik orang yang gak melakukanya karena gak tau sama sekali,, dari pada orang yang udah tau hukumnya tapi gak melakukannya sama sekali,,nanti bisa masuk kategori ‘ciri orang munafik’-Ă naudzubillah,,

Jangan bilang juga kalau lagi menunggu hidayah datang.Waa,,aduh ada ada aja! Karena hidayah itu gak datang dengan sendirinya, tapi perlu kita mencarinya,,=) . menutup aurat dengan berjilbab itu dijamin gak buat buat kalian para muslimah keliatan cupu dan gak cantik,,! Tapi malah sebaliknya. Muslimah yang berjilbab malah terlihat lebih cantik karena bisa menjaga kehormatannya. Eeiitss,,gak Cuma kitanya yang dijilbabi, tapi akhlaq yang berjilbab juga makin terlihat cantiik,,=) hihi betul kan.? (-Egha-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages